10 Jurus Hemat ala FKPI Kota Tasikmalaya dan Kab. Ciamis


Saat berbelanja, pikirkan dua kata, yakni “tepat” dan “hemat”. “Tepat” dalam arti membeli barang sesuai dengan kebutuhan, keperluana dan kemampuan. Sementara “hemat” bermakna membeli barang termurah, tetapi dengan kualitas cukup bagus.

1. Buat daftar belanja rutin untuk barang yang dibutuhkan setiap bulan sesuai dengan budget bulanan yang sudah dibuat.
2. Selalu membawa daftar belanja setiap kali berbelanja dan patuhi!. Hal ini penting untuk menghindari membeli barang yang tidak diperlukan.
3. Biasakan pergi berbelanja secara teratur misalnya setiap satu atau dua bulan sekali berdasarkan “kebutuhan” dan bukan “keinginan” apalagi jika hanya sekedar jalan-jalan.
4. Berbelanjalah di pusat perkulakan daripada di minimarket. Selain ragam barang yang tersedia kurang lengkap, hargapun biasanya lebih mahal.
5. Membeli barang dengan jumlah yang lebih banyak akan lebih menguntungkan karena lebih murah. Hal ini tentunya baru dapat dilakukan jika cash flow anda memungkinkan.
6. Lakukan survei untuk mendapatkan tempat belanja yang selalu memberikan harga yang paling murah dan sering berpromosi. Siapa tahu anda mendapatkan barang yang kebetulan anda mau beli dengan harga miring.
7. Pandai-pandailah memilih barang yang berkualitas cukup baik dengan harga ekonomis. Jangan ragu menggunakan produk generik untuk pemakaian setiap hari seperti pembersih lantai misalnya.
8. Jangan lupa, memilih tempat belanja yang memberikan free parking akan menambah nilai belanja hemat anda.
9. Jika menggunakan kartu kredit, pastikan dapat anda lunasi penuh tepat waktu.
10. Apabila tergoda, ingatlah selalu “sedikit pengeluaran = makin banyak menabung”. Semakin banyak yang ditabung, semakin cepat tujuan keuangan kita tercapai.

(Disarikan dari berbagai sumber).

%d bloggers like this: