Siap-siap, Ini Dia Skema Kredit Usaha Kecil


Plasadana.com – Bank Indonesia (BI) menyiapkan skema pembiayaan bagi para calon pengusaha industri kreatif di daerah, yang disebut sebagai ‘Start Up Credit’.

“Start Up credit dapat menjembati kebutuhan pembiayaan pada saat memulai usaha baru dengan persyaratan yang lebih ringan,” ungkap Pungky P. Wibowo, Deputi Direktur Departemen Pengaturan Perbankan Bank Indonesia di Jakarta, Jumat (29/6/2012).

Start up credit adalah sistem pembiayaan yang di sponsori Bank Indonesia. Program ini ditujukan untuk mendukung ekonomi kreatif di daerah. Untuk Kredit Usaha Rakyat Mikro dan ritel Kredit program dilakukan dengan penjaminan pemerintah. Ada juga yang berupa subsidi bunga seperti kredit program.

“Pembangunan ekonomi membutuhkan dukungan pembiyaan yang cukup besar untuk dapat mencapai target,” ukata Pungky.

Selain itu, lanjut dia, Bank Indonesia akan mempercepat kajian aturan mengenai konsep ekonomi kreatif. “Ekonomi Kreatif menjadi guide principle dulu, untuk dijadikan dukungan,” katanya.

Saat ini, Bank Indoensia sedang menyiapkan kebijakan Financial Identity Number (FIN). Yakni, penyusunan nomor induk keuangan yang mencakup masyarakat yang sama sekali belum pernah berhubungan dengan bank (Strictly unbanked people), masyarakat yang pernah terhubung (Partially unbanked) maupun masyarakat yang sudah terhubung (Fully banked).

link :http://berita.plasa.msn.com/bisnis/plasadana/siap-siap-ini-dia-skema-kredit-usaha-kecil-1

%d bloggers like this: