KINERJA GUBERNUR BI: Darmin Dinilai Sukses Kawal Ekonomi Makro


JAKARTA–Industri perbankan mengapresiasi kinerja Darmin Nasution sebagai Gubernur Bank Indonesia yang dianggap sukses mengawal ekonomi makro dan perbankan.

Destry Damayanti, ekonom Bank Mandiri, mengatakan Darmin terkenal konsisten terhadap kebijakannya dan memiliki pengetahuan bidang moneter dan fiskal.

“Pak Darmin sosok yang pas karena mengetahui makroekonomi, dengan pengalaman di bidang moneter dan fiskal. Darmin juga punya pengalaman sebagai Dirjen Pajak,” katanya, Rabu (20/2).

Menurutnya, Darmin merupakan sosok sitematis dalam mengambil kebijakan, dan cenderung bersifat kukuh.

Meskipun demikian, Destry mengakui ada beberapa kebijakan Bank Indonesia yang sempat membuat pasar menjadi panik, seperti keputusan menurunkan suku bunga acuan pada tahun lalu.

BI, lanjutnya, berani memangkas BI Rate di tengah tingginya ekspektasi kenaikan inflasi.

“Ternyata BI benar, kondisi di luar negeri tambah buruk. Bank sentral beranggapan dengan memangkas suku bunga akan membuat penyaluran kredit tetap tumbuh,” ujarnya.

Dia mengatakan kebijakan lain yang sempat direspons negatif pasar ialah penghapusan penempatan dana pada surat berharga dalam jangka pendek.

Kemudian, aturan mengenai loan to value (LTV) ratio yang mengatur kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor.

“Terkait pencalonan gubernur BI baru, kami perkirakan sosok seperti pak Darmin masih cocok,” katanya. (if)

%d bloggers like this: