Dampak Gejolak Bawang Bagi Produsen Olahan di Tasik


TASIKMALAYA (bisnis-jabar.com) — Mahalnya harga bawang di pasaran membuat produsen olahan berbahan baku bawang kerepotan mensiasati usahanya. Harga jual produksi olahan bawang tidak sebanding dengan harga bahan baku yang melambung tinggi.

Seperti yang dialami pengusaha bawang goreng Enang Heryadi, Pengusaha asal Kampung Lewosari, Kelurahan Bantarsari, Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya itu terpaksa menutup usahanya sejak beberap minggu yang lalu. Ia sendiri sudah menjalankan usaha tersebut sejak tahun 2004.

“Dalam kondisi normal, harga bawang Rp3.000-4.000/kg saya bisa memproduksi 2,5 hingga 3 kwintal perhari. Sekarang, boro-boro mendapat kualitas bawang bagus, bawang sisa saja sudah mahal. Bahan baku tersebut kalau dipaksakan jelek juga,” ujar Enang di tempat usahanya, akhir pekan lalu.

Sebenarnya, tanda-tanda kemunduran usahanya sudah terasa sejak Desember tahun lalu. Saat itu harga bawang merah sudah menembus angka belasan ribu rupiah per kg-nya. Ia pun mengurangi jumlah produksi. Namun, menginjak bulan Februari 2013, bawang merah segar sudah mencapai Rp20.000/kg. Saat itu ia menyerah dan menutup sementara usahanya sekaligus merumahkan sepuluh pegawainya.

“Kalau tidak tutup, mereka harus tetap saya bayar. Kini masih ada ada enam pegawai yang masih saya upah, mereka yang menjaga kios di pasar Cikurubuk dan dua orang di rumah buat beres-beres,” katanya.

Bapak dua anak itu berharap harga bawang merah dan pasokannya kembali normal. Apalagi empat bulan mendatang akan menghadapi bulan puasa. Biasa di bulan puasa, permintaan banyak dan meraup untung. “Sebagai masyarakat kecil tolong saya berharap harga bawang merah stabil. Niat pemerintah untuk menolong petani saya dukung, tetapi di sisi lain jadi masalah. Makanya cari jalan keluar, tolong kami juga perlu pasokan bawang yang normal,”ucapnya.

Salah seorang pengepul bawang merah Obar ,43, warga Cilingga, Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi mengaku usahanya menurun drastis akibat barang langka. Saat normal kata dia, kiriman bawang merah dari Berebes Jawa Timur bisa mencapai 20 ton per hari dengan harga rata-rata Rp12.000 – Rp13.000 per kg yang bisa dijual rata-rata Rp15.000 – Rp16.000 per Kg. Sekarang kata dia, untuk mendatangkan bawang merah sebanyak 5 ton sangat susah.

Untuk saat ini, harga bawang di Pasar Cikurubuk Tasikmalaya di tingkat eceran perlahan menurun antara Rp45.000 – Rp50.000/kg baik bawang merah maupun bawang putih. Sebelumnya harga bawang merah di pasar Cikurubuk sempat mencapai Rp60.000/kg dan bawang putih mencapai Rp70.000/kg

2 responses

  1. I really liked your article. Much obliged.

    Like

Info Seputar Perbankan

Banking Information

Cerita Seks Dewasa | Cerita Ngentot | Cerita Panas | Cerita Hot

Kumpulan Cerita Seks Dewasa | Cerita Panas | Cerita Ngentot | Cerita Mesum Hot

Jati Mulyadi

the story of a little tree

Information & Technology

Banking Information

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.