Ekonomi RI Baru Pulih di Kuartal III


JAKARTA – Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, pertumbuhan ekonomi tanah air diperkirakan akan kembali pulih pada Kuartal III-2013, yaitu mengarah pada angka 6,4 persen di akhir tahun 2013 ini.

“Pertumbuhan ekonomi kita baru akan pulih di triwulan ketiga tahun ini. Pertumbuhan ekonomi kemungkinan akan berkisar di angka 6,4 persen,” ujar Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo usai RDP Panja Suku Bunga dengan Komisi XI di Gedung DPR-RI, Jakarta, Senin (8/4/13).

Perry menegaskan, pertumbuhan ekonomi di 2013 tersebut akan lebih rendah dari perkiraan BI yang sebesar 6,6 persen. “Sementara konklusi (kesimpulan awal) yang dapat kami sampaikan, pertumbuhan ekonomi pada 2013 diperkirakan lebih rendah dari yang kami pikirkan sebelumnya 6,6 persen,” tukasnya.

Sedangkan lemahnya pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga triwulan II-2013, menurutnya, masih dipengaruhi oleh pelemahan ekonomi global.

“Dari dalam negeri, faktornya itukan karena pengaruh kenaikan harga pangan dan juga beberapa risiko, seperti kenaikan harga elpiji maupun yang lainnya,” jelas Perry.

Lebih lanjut Perry menambahkan, asumsi makro ekonomi pemerintah yang tertuang pada APBN 2013 berkisar di angka 6,6 persen sampai 6,8 persen. “Saat ini pemerintah mengaku sedang mengkaji untuk soal kemungkinan tidak tercapainya target pertumbuhan ekonomi di tahun ini,” tutup Perry. (wan)

%d bloggers like this: