BI: Beberapa Bank Sudah Naikkan Bunga Kredit


Maikel Jefriando – detikfinance
Senin, 24/06/2013 14:47 WIB
Jakarta – Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) telah dinaikkan jadi 6%. BI melihat beberapa bank langsung melakukan penyesuaian dengan menaikkan suku bunganya baik kredit maupun simpanan.

“Ini sedang dalam penelitian, apakah perbankan menaikkan suku bunga mereka. Ada beberapa bank yang sudah melakukan kenaikan. Tapi kita belum lihat lagi,” ungkap Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah ketika dijumpai di Gedung DPR, Senin (24/6/2013).

Dijelaskan Halim, ada juga beberapa bank yang justru menahan suku bunganya. Hal ini dilakukan untuk suku bunga kredit agar nasabah tidak kabur.

“Ada yang diam dalam rangka menjaga pangsa pasarnya itu tidak menaikan,” jelasnya.

Pada bagian lain, Halim bercerita beberapa bank dan BI hari ini dipanggil ke DPR. Menurut Halim, pemanggilan oleh DPR sebagai bentuk pengawasan.

“Kami melaporkan kinerja dari bank-bank dan masalahnya ke komisi XI. Tapi secara umum, kami melaporkan dan juga menyampaikan informasinya bahwa kondisi perbankan kita secara umum, relatif baik. Dan beberapa masalah yang dilaporkan ke komisi XI sudah relatif ditangani. Dan sampai saat ini tidak ada hal-hal yang menganggu kinerja bank-bank tersebut,” ungkap Halim.

Adapun beberapa bank yang dipanggil ke komisi XI diantaranya Bank Mestika Dharma, Bank BJB, dan Bank Mega.

2 responses

  1. Hey! I simply would like to give a huge thumbs up for the nice information you’ve got right here on this post. I can be coming again to your blog for more soon.

    Like

    1. thanks your appreciation of this blog… thanks again

      Like

%d bloggers like this: