Bunga KPR Mulai Naik


SURABAYA – Perbankan mulai naikkan bunga KPR setelah kenaikan BI Rate beberapa waktu lalu.

Kepala Kantor Kredit Konsumer BCA Surabaya Eko Budiono mengatakan setelah BI Rate naik 25 basis poin maka bunga fix KPR 7,5% naik menjadi 8%. Sedangkan bunga mengambang pada akhir bulan lalu 11%.

“Kenaikan BI rate kedua belum memengaruhi bunga kredit. Penyesuaian mungkin masih dibahas pemerintah pusat,” jelasnya, Rabu (17/7).

Penyesuaian pascakenaikkan bunga acuan menurutnya juga belum memperlambat kredit. Semester pertama 2013 nilai KPR BCA Surabaya Rp2,1 triliun atau 65% dari target tahunan hampir Rp4 triliun.

Sementara tahun lalu jumlah kredit di periode yang sama, sambungnya, juga berada Rp2 triliun dengan target di kisaran Rp3,5 triliun.

“Secara angka memang sama namun secara prosentase berbeda,” katanya.

Pemimpin Bidang Consumer dan Ritel BNI Kantor Wilayah Surabaya Ryanto Wisnuardhy menguraikan KPR yang disalurkan per Juni Rp3,4 triliun.

Dampak perubahan BI Rate menurutnya baru akan terasa tiga bulan mendatang. Meski demikian, diakuinya periode mendatang akan ada kenaikan suku bunga floating.

“Kami prediksi ada penyesuaian bunga kredit 0,5% sampai 1%, sehingga nanti bunga floating di kisaran 13%,” jelasnya.

Kepala Bagian Bisnis Ritel dan Program BRI Surabaya Tjung Suharsono menguraikan penyaluran KPR hingga per Mei 2013 Rp448 miliar dari sebelumnya Rp420 miliar.

“Kami prediksi tidak banyak berpengaruh karena porsi kami kecil, tapi bunga kredit bisa naik menjadi 12%,” katanya. (jibi/ija)

One response

  1. I appreciate you sharing this blog.Much thanks again. Want more.

    Like

%d bloggers like this: