Wilayah Kerja KPwBI Tasikmalaya


Wilayah kerja Kantor Bank Indonesia Tasikmalaya meliputi dua Daerah Kabupaten dan dua Daerah Kota, yaitu :

1.  Pemerintah Kota Tasikmalaya            

Kota Tasikmalaya merupakan pemekaran dari Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan UU No.10/2001 tanggal 17 Oktober 2001. Adapun wilayah Kota Tasikmalaya terdiri dari 10 kecamatan yang meliputi 69 kelurahan/desa. Secara geografis Kota Tasikmalaya terletak di wilayah Priangan Timur, memiliki luas 17.156,20 Ha dengan kultur sunda yang agamis, ramah, kreatif dan memiliki jiwa wirausaha yang tinggi. Pembangunan Kota Tasikmalaya dilakukan berlandaskan visi “Dengan Berlandaskan Iman dan Taqwa, Kota Tasikmalaya menjadi Pusat Perdagangan dan Industri Termaju di Priangan Timur Tahun 2012”. Saat ini Kota Tasikmalaya mulai mencanangkan sebagai kota sumber busana muslim dunia atau World Moslem Fashion.

2. Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya  

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tasikmalaya No. 5 Tahun 2001, tentang Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya terdiri dari Bupati, Wakil Bupati, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, 3 Badan, 13 Dinas, 9 Kantor, dan 39 Kecamatan yang meliputi 348 desa. Sementara itu visi pemerintah Kabupaten Tasikmalaya adalah “Mewujudkan Kabupaten Tasikmalaya yang Religius Islami, Unggul dan Mandiri Berbasis Pedesaan”.

3. Pemerintah Kabupaten Ciamis

Secara administratif, wilayah Kabupaten Ciamis terdiri dari 30 kecamatan yang meliputi 341 desa/kelurahan. Sementara itu visi Kabupaten Ciamis adalah “Mewujudkan Masyarakat Kabupaten Ciamis yang Sejahtera melalui Pengembangan Agribisnis dan Kepariwisataan yang andal”. Kabupaten Ciamis dikenal memiliki banyak obyek wisata dan daya tarik wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Salah satunya adalah Pangandaran yang merupakan primadona obyek wisata pantai di Jawa Barat.

 

 4. Pemerintah Kota Banjar

Berdasarkan Undang-undang Nomor 27 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kota Banjar di Provinsi Jawa Barat yang disyahkan pada tanggal 11 Desember 2002 dan diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 21 Februari 2003. Berdasarkan Undang-undang Nomor 27 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kota Banjar di Provinsi Jawa Barat, Wilayah Kota Banjar yang berasal dari sebagian wilayah Kabupaten Ciamis yang terdiri dari 4 kecamatan yang meliputi 22 desa. Dalam perkembangannya Kota Banjar yang mempunyai luas wilayah 113,49 km2 merupakan jalur lalu lintas penghubung antara Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah tumbuh sebagai Kota Industri, Perdagangan dan Jasa bagi wilayah Jawa Barat bagian Timur serta merupakan lintasan menuju Obyek Wisata Pangandaran. Adapun visi kota Banjar adalah “ Terwujudnya Kemandirian Kota Banjar yang Berlandaskan Iman dan Taqwa Sebagai Pintu Gerbang Jawa Barat”.

One response

  1. thanks bro…🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: